Senin, 21 Januari 2008

Bijak dan Bahagia

Bijak dan Bahagia
Penulis: Ibn Hazm Al-Andalûsî (994-1064)
Ibarat lensa, buku ini dipersembahkan Ibn H azm untuk membantu sesama manusia mendeteksi gejala penyakit moral dan spirtual secara jernih serta menawarkan metode penyembuhannya melalui psikologi dan etika.
"Jika kita tidak mengetahui keadaan kita yang sedang sakit dan sifat penyakit kita,” tegas Ibn H azm, “maka kita tak dapat berbuat apa-apa terhadapnya. Jika kita tidak diberi tahu mengenai cara penyembuhan, maka kita tidak bisa sembuh. Sesungguhnya, jika kita tidak berhasrat mengubah keadaan diri kita sendiri, maka tak ada yang dapat dilakukan. Inilah tepatnya yang difirmankan Allah, ‘ Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah (keadaan) suatu kaum kecuali jika kaum itu mengubah (keadaan) diri mereka sendiri.'(Q.S. al-Ra'd [13]: 11)."
Dan hanyalah dengan terbebaskan dari penyakit batin itulah kita bisa memaknai dan menikmati hidup, sehingga setiap perilaku kita memancarkan kearifan dan kebahagiaan.

Pujian Pada Buku Ini:

"Saya bersaksi atas kekuatan sejati ajaran moral dalam buku ini. begitu dalam, begitu menggugah. Pelajaran paling penting dari Ibn H azm adalah bahwa setiap orang dapat merasakan kebahagiaan, apakah dia miskin atau hartawan."
Dr. Abu Layla—pakar etika dan penerjemah edisi bahasa Inggris buku ini
"Ibn H azm sungguh-sungguh merupakan tokoh masa kini. Zaman Ibn H azm hidup, belajar, dan menulis tidaklah jauh berbeda dalam banyak hal dari zaman kita hidup dan bekerja saat ini: perang, revolusi, dan merebaknya berbagai kekacauan pada susunan masyarakat zamannya nyaris persis dengan apa yang terjadi pada jalinan tatanan internasional saat ini. Pada kedua zaman itu, keadaan yang menuntut etika positif dan respons moral banyak dan beragam. Ibn H azm berupaya menyajikan jawaban terhadap beberapa persoalan: Bagaimana aku harus berinteraksi dengan manusia lain pada saat ini? Apa yang harus dilakukan agar dapat hidup harmonis dengan sesama dan dengan Tuhan?"
Ian Richard Netton—psikolog dan filsuf etika terkemuka

LINK:
Bijak dan Bahagia
Beli Via Toko Buku Serambi Online
Lini: Pustaka Islam Klasik

Tidak ada komentar: