Senin, 21 Januari 2008

Pendar Kearifan

Pendar Kearifan
Penulis: Sayyid Abd Muhammad “Abd al-Qâdir al-Jaylânî
Sederhana tetapi mengena. Begitulah aroma keunikan dialog dan perumpamaan dalam buku ini. Semua jawaban Syekh ‘Abd al-Qâdir al-Jaylânî terasa khas sufistik, meskipun pertanyaannya mungkin bernuansa fikih, seperti soal nikah dan sebagainya. Yang menarik, bobot pertanyaan yang dikemukakan beragam sesuai dengan tingkat keilmuan dan maqam murid-muridnya. Kita bisa menikmati bagaimana seorang alim-zahid—yang disebut-sebut sebagai sulthân al-awliyâ' (penghulu para wali)—ini memberi jawaban atas aneka pertanyaan yang dilontarkan orang awam maupun orang yang telah mencapai makrifat. Selain itu, kita disuguhi perumpamaan yang menyentuh. Mengikuti gaya bahasa Quran dan hadis, perumpamaan (matsal) memang dimaksudkan agar sebuah pesan meresap kuat dalam benak dan hati pembaca.

Pujian Pada Buku Ini:

"Syekh ‘Abd al-Qâdir al-Jaylânî bukan sekadar karamah yang dipuja. Ia justru menjadi lambang kejujuran dan ilmu pengetahuan."
REPUBLIKA
"Syekh ‘Abd al-Qâdir al-Jaylânî dihormati pada masanya, oleh ulama dan para zahid. Ia memiliki banyak keutamaan dan karamah. Ia juga memiliki pendapat yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu makrifat yang sesuai dengan sunah."
Ibn Rajab

LINK:
Pendar Kearifan
Beli Via Toko Buku Serambi Online
Lini: Pustaka Islam Klasik

Tidak ada komentar: